DEALER ISUZU CIKARANG BEKASI JAKARTA TANGERANG DEPOK

Jl. Imam Bonjol No.168A Cikarang Bekasi Call : 0877 4166 3126

Menu

Tips Dalam Merotasi Ban Isuzu Panther Elf Giga

-

Tips Dalam Merotasi Ban

Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurah
hubungi : 021-91125604

 Ibarat sebuah telenovela, merawat si karet bundar juga memiliki episode tersendiri. Maklum saja, roda memiliki karekteristik tersendiri dibanding urusan kaki-kaki mobil yang lain. Tips kali ini, kembali seputar ban, khususnya pergantian atau rotasi ban dalam kelipatan setiap Km-nya.
Rotasi atau penggantian ban perlu, terutama jika telah mencapai 7.500 Km sampai 10.000 Km. Fungsinya, supaya kembangan ban habisnya merata. Namun rotasi ban juga caranya bermacam-macam. Seperti sistem berputar maju, yakni bisa dimulai dari roda depan kiri ditukar dengan roda depan kanan, dan depan kanan pindah ke belakang kanan.
Kedua, sistem garis diagonal. Dalam sistem ini yang perlu dilakukan adalah tukar roda depan kiri dengan belakang kanan dan sebaliknya. Lalu serepnya bisa menggantikan salah satu roda belakang. Selanjutnya, yang perlu dicermati adalah penggantian sistem segaris, dimana roda kanan depan ditukar pindah dengan kiri depan. Demikian juga yang bagian belakang.
Berikutnya sistem Zig Zag, yakni ban depan kiri dioper ke kanan depan dan yang kanan depan dipindahkan ke belakang kiri, lalu yang kiri belakang ke samping kanan. Ban cadangan boleh juga menggantikan posisi ban depan kiri. Versi lain yaitu sistem membalik kembangan. Dalam versi ini pengerjaannya cukup sederhana, yakni hanya membalik kembangan ban di keempat rodanya.
Tips lain yang tak kalah penting dan juga berhubungan adalah mengganti ban. Mengganti ban juga ada rumusnya. Kalau ukuran yang lebih besar ada istilah plus 1 minus 1. Misalnya, pelek asli diameter 14″ profil 75, lebar telapak 195, maka penggantinya adalah 15” profil 65 dan lebar telapak 205. Dengan begitu ketinggian ban tidak jauh berbeda dari standardnya.
Tapi kalau diubah ke Plus 2 minus 2, diameter ban lebih besar dari aslinya. Jadi, celah spatbor dengan ban jadi sempit dan akibatnya memaksa orang pakai ban profil tipis, misalnya ke 17/235/45. Kendala penggunaan ban besar lainnya, selain keterbatasan rumah roda, adalah posisi strut atau per. Kalau bisa sebelum mengganti ban, ukur bidang kritis ketika mobil masih memakai ban standard.
Sisi negatif lain dari up-grade diameter standar ke 2 tingkat di atasnya biasanya BBM ikutan boros, karena ban besar butuh tenaga ekstra. Selain itu long tie rod, ball joint dan komponen yang lain umurnya menjadi pendek, dan frekuensi penggantian menjadi lebih singkat. Sisi positifnya, memang tampilan bikin gres

Dealer Resmi Isuzu Giga Elf Cikarang Bekasi Karawang Jakarta Tangerang Depok Harga Isuzu Dp Cicilan Murah

Hubungi : 0877 4166 3126

Mobil Terbaru

Related Article Tips Dalam Merotasi Ban Isuzu Panther Elf Giga

 Ambisi Isuzu di Pasar Kendaraan Niaga Isuzu Indonesia berambisi besar menjadi pemimpin pasar untuk kendaraan komersial – khususnya  truk – dalam  5 tahun ke depan.…

Menguras Minyak Rem Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurahhubungi : 021-91125604 Bukan cuma oli yang perlu diganti secara rutin, tapi juga minyak…

Jok Kulit Isuzu Panther Elf Giga Dapatkan Harga Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurahhubungi : 021-91125604  Mau tampil wah, memang perlu usaha…