DEALER ISUZU CIKARANG BEKASI JAKARTA TANGERANG DEPOK

Jl. Imam Bonjol No.168A Cikarang Bekasi Call : 0877 4166 3126

Menu

Memilih Ban Mobil Isuzu untuk Perjalanan Panjang

-

Memilih Ban untuk Perjalanan Panjang

Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurah
hubungi : 021-91125604

Mengulas soal ban seakan tidak ada habisnya. Misalnya, untuk mengganti ban pun ulasannya bisa panjang karena detailnya cukup banyak. Mengganti ban banyak ragam pemilihannya.
Untuk mempercantik penampilan mobil Anda, bisa pakai ban impor berprofil tipis. Namun, kalau pertimbangan umur pakai, agar ban bertahan lama, tidak perlu fanatik dengan ban impor. Sebagai contoh, jika jalannya mulus, maka pakai ban yang berkembang halus, sebab struktur karetnya lebih bagus dan karenanya daya cengkeram ke aspal lebih baik. Berbeda dengan kembang kasar yang lunak, kalau digunakan untuk jalan beraspal akan cepat habis, selain suaranya juga berisik.
Kalau ingin mencari kenyamanan berkendara, gunakan profil (aspect ratio) tebal saja (60, 65, 70). Sementara kalau memakai profil tipis (50, 45, 35) nilai lebihnya juga ada, karena pengendalian dan stabilitas juga lebih baik, di samping tampilan mobil menjadi gagah.
Tapi minusnya, bantingan keras dan steer rada liar dikendalikan. Di jalan bergelombang, penumpang dan pengemudi akan merasakan getaran yang kuat. Kalau mau, agar pelek tidak kena benturan, cari yang dindingnya menggelembung seperti ban donat.
Begitu pula saat membeli ban. Jangan tergiur dengan harganya yang murah. Ada ban yang sudah lama disimpan dan bisa kadaluarsa, padahal telapaknya masih utuh. Jika kelamaan disimpan, ban bisa jadi keras dan kering. Akibatnya mudah pecah.
Ini yang kerap menyebabkan ban mobil meledak sewaktu mobil berjalan atau kelebihan beban. Khusus untuk ban impor, mudah dilihat pada kode yang ada di dindingnya. Yakni, ada cap DOT (Department of Transportation), ukuran ban, nomor produksi, tipe, dan bahan ban.
DOT ini merupakan standar internasional, supaya konsumen mendapatkan jaminan. Misalnya, DOT 185. Dua angka di depan menunjukkan minggu dan satu angka di belakang menunjukkan tahun pembuatan. Jadi, ban tersebut dibuat di minggu ke 18 atau bulan Maret 1995.

Di sisi lain, untuk melihat keausan ban, mudah saja. Pada permukaan alur pembuangan air di ban terdapat tanda benjolan setinggi kurang lebih 1,2 mm. Namanya TWI (Thread Wear Indicator). Kalau permukaan ban sudah rata dengan indikator ini, maka ban harus cepat-cepat diganti. Cara mengukur kedalaman kembang bisa menggunakan uang logam atau penggaris yang diselipkan di antara celah kembang atau alur.
Jangan lupa periksa dan ukur tekanan angin pada waktu ban dingin, karena tekanan angin sangat vital dalam pengendalian dan umur ban. Jangan kurang ataupun berlebih. Jangan percaya untuk memberi rasa nyaman berkendara, tekanan angin dikurangi. Padahal kita tahu bahwa ban yang rada kempes memperpendek umur, karena lebih cepat mengalami kebotakan.
Kenapa ban cepat botak? Karena, bidang sentuh dengan permukaan jalan lebih lebar dan keausan menjadi tidak merata, khususnya pada bahu ban. Selain itu lapisan bisa terpotong dari karetnya, dinding ban retak, dan penggunaan BBM jadi rada boros.
Kalau kelebihan angin juga tidak bagus. Karena kerasnya ban, kemampuan ban meredam guncangan jadi berkurang. Mobil cenderung selip ke samping. Bisa juga pecah kalau mengalami tumbukan. Bagian tengah akan cepat aus daripada bahunya. Nah, tips ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan perjalanan panjang

Dealer Resmi Isuzu Giga Elf Cikarang Bekasi Karawang Jakarta Tangerang Depok Harga Isuzu Dp Cicilan Murah

Mobil Terbaru

Related Article Memilih Ban Mobil Isuzu untuk Perjalanan Panjang

Jok Kulit Isuzu Panther Elf Giga Dapatkan Harga Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurahhubungi : 021-91125604  Mau tampil wah, memang perlu usaha…

 Koil Cepat Panas Pada saat kamu melaju mobil kamu dengan kecepatan tinggi, tiba – tiba putaran mesin menjadi melambat sampai akhirnya mati. Mesin mau distater…

Menguras Minyak Rem Kredit Cicilan Mobil Isuzu Giga Elf Panther Microbus Termurahhubungi : 021-91125604 Bukan cuma oli yang perlu diganti secara rutin, tapi juga minyak…